Selasa, 27 Januari 2009

Kenapa Pemasar Property Harus Mempunyai Website / Blog ?

Kenapa Pemasar Property Harus Mempunyai Website / Blog ?

 

Menurut data Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJJI) bahwa pada tahun 2009 ini akan ada 50 juta orang pengguna internet di Indonesia. Bentuk tampilan internet bisa berupa website atau blog / weblog. Website atau blog dalam internet mempunyai manfaat yang sangat besar bagi dunia usaha, tak terkecuali bidang properti dan real estate. Website atau blog akan mengukuhkan secara online keberadaan suatu perusahaan, meningkatkan “brand awareness”, meningkatkan kemampuan para marketer untuk menjaring lead atau prospek, memelihara komunikasi dan sebagai media untuk menyampaiakan  informasi -informasi yang sangat berharga kepada masyarakat konsumen.

 

Namun demikian sangat disayangkan bahwa saat ini sedikit sekali perusahaan real estat, property dan perumahan yang telah memiliki website atau blog dalam  internet untuk menunjang sukses usahanya. Kalaupun ada, website mereka tidak teroptimasi secara maksimal sehingga tidak bisa tampil / muncul ketika dicari dengan kata kunci yang relevan.

 

Berikut adalah rangkuman fungsi internet bagi usaha properti, real estate dan perumahan.

Sebagai media komunikasi langsung yang efektif. Website atau blog real estate  dan properti biasanya berisikan tentang data-data fisik yang detail dan konkret seperti; gambar tampak dan denah rumah, spesifikasi dan daftar harga. Data-data tersebut tidak bisa di tanyakan atau dibicarakan hanya lewat telpon. Seorang konsumen potensial biasanya harus datang ke kantor pemasaran dan berkomunikasi langsung dengan sales counter untuk mendapatkan informasi detail dan tepat mengenai suatu produk properti. Tentu saja langkah ini sangat merepotkan karena butuh waktu khusus dan persiapan yang cukup untuk pergi ke kantor pemasaran.

Meningkatkan citra / image perusahaan atau suatu proyek real estate dan property. Website atau blog dalam internet mengekspresikan visi dan misi perusahaan, konsep pengembangan proyek, dan keunggulan-keunggulan produk properti. Melalui website dan blog anda bisa menyampaikan pandangan, pengetahuan, dan kritik perihal masalah properti, real estate, desain, pengembangan dan pembangunan kota, lingkungan hidup dan lain sebagainya. Disinilah terlihat betapa anda seorang master yang menguasai bidang properti, real estate dan perumahan.

Menjaring Lead. Dengan menampilkan profil perusahaan dan proyek real estate / properti di internet  anda akan terkejut dan heran berapa jumlah orang yang mengunjungi website atau blog anda dan dari kota atau negara mana mereka berasal. Internet akan memberikan lead atau prospek secara konstan setiap hari. Produk anda akan semakin di kenal secara luas yang pada akhirnya akan sangat membantu dan mempercepat pemasaran produk real estate dan properti anda.

Keunggulan kompetitif. Bagaimana konsumen tahu bahwa produk anda unggul dari ratusan pesaing anda ? Bagaimana anda membuat konsumen mengerti bahwa anda mempunyai sesuatu yang bernilai tinggi untuk ditawarkan ? Atau bagaimana anda mengkomunikasikan bahwa anda adalah ahli yang berpengalaman dalam bidang real estate, properti dan perumahan ? Memiliki sebuah website atau blog akan mempertegas pandangan masyarakat konsumen siapakah diri anda dan semua hal tentang proyek dan produk real estate atau properti yang anda kelola.

Hubungan marketing. Hal yang paling berharga dari internet adalah bahwa ia memungkinkan anda membangun kontak atau hubungan secara pribadi dengan pengunjung atau pelanggan yang pada akhirnya akan menumbuhkan kepercayaan. Sebuah website atau blog berfungsi untuk mengikat calon konsumen potensial dimana anda bisa mengirim berita, informasi dan menjalin komunikasi langsung dengan para prospek.

 

Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana memulai membangun sebuah website atau blog. Dan berapakah biayanya ? Kabar baiknya adalah bahwa banyak platform blog yang gratis. Anda bisa memilih wordpress.ocm, typepad.com atau blogger.com, tergantung dari kemampuan anda dan seberapa banyak fitur yang diperlukan. Membangun sebuah website juga sangat murah dibanding dengan biaya promosi secara offline / fisik. Yang terpenting di sini adalah bahwa website atau blog kita harus benar-benar teroptimasi sesuai dengan kata kunci yang relevan

 

2 komentar:

  1. Lewat Blog, kita juga bisa memasarkan/mencari property yang diinginkan. Mari kita perluas jaringan marketing property kita lewat Blog.

    BalasHapus
  2. Benar mas saya sangat setuju .melihat perkembangan tehnoligi skarang dan tingkat pertumbuhan pemakai internet .sudah seharusnya pelaku broker property memiliki website ....thank,s mas

    BalasHapus