Minggu, 12 April 2009

Bunga KPR Idealnya Cuma 12 Persen

SURABAYA, Penurunan suku bunga acuan Bank Indonesia (BI Rate) menjadi 7,5 persen seharusnya dapat mendorong pergerakan bunga kredit kepemilikan rumah (KPR) idealnya menjadi 12 persen.

 

"Apabila bunga KPR bisa turun di besaran ideal 12 persen, kini adalah saat yang tepat untuk membeli rumah, baik oleh pemula atau kalangan investor," kata pengamat properti, Omar Ishananto, di Surabaya, Selasa (7/4).

 

Pria yang juga menjabat Direktur PT Pakuwon Jati Tbk, menjelaskan, bagi pengembang, faktor yang mendukung penjualan rumah saat ini di antaranya pengaruh pasar modal, pasar perdagangan emas, pasar uang, dan pasar deposito.

 

Di sisi lain, terkait dengan pencapaian penjualan properti selama tiga bulan pada tahun 2009, kata Omar, kondisinya stagnan. "Bahkan, karena krisis ekonomi global ini pasar properti mengalami sedikit penurunan dengan besaran yang relatif kecil," katanya.

 

Seharusnya, kata dia, pemerintah bisa membantu pelaku industri properti seperti yang dilakukan Pemerintah Amerika Serikat sekarang.

 

"Kini, di negara Super Power itu pemerintahnya tengah memberikan stimulus kepada para pengembang agar bisa mempertahankan industrinya di bidang ini," katanya.

 

Apabila hal itu bisa segera dilakukan oleh pemerintah, Omar meyakini hal ini dapat meningkatkan kinerja pengembang nasional di masa mendatang. "Bahkan, dapat segera menggairahkan industri properti nasional," tandasnya.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar